SBI Dipermudah

Surabaya Post (www.surabayapost.co.id)
Jumat, 8 Mei 2009 | 10:58 WIB

SURABAYA – Sistem penerimaan siswa baru (PSB) secara online tidak hanya berlaku bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah reguler. Siswa yang ingin masuk Sekolah Berstandar Internasional (SBI) juga melakukan pendaftaran secara online. Baik untuk masuk SMP maupun SMA.

Ini berarti, para siswa kelas VI dan IX tidak perlu repot memburu sekolah SBI. Mereka cukup mendaftarkan diri melalui internet dari mana pun. Pendaftaran untuk siswa SBI sendiri dimulai 17 Juni pukul 08.00 WIB hingga 20 Juni pukul 24.00 WIB. Sama dengan cara pendaftaran regular, siswa cukup mendaftar melalui situs http://www.psbsby-online.net dengan berbekal nomor ujian nasional dan pin yang dibagi pada pekan ketiga bulan ini. Dalam melakukan pendaftaran siswa harus memilih menu pendaftaran SBI.

“Tidak ada persyaratan administrasi lain, semua secara online. Hanya saja nanti tetap ada seleksi tertulis,” kata Ketua PSB 2009 Surabaya, Ruddy Winarko, Kamis (7/5).

Karena seluruh sistem dijalankan secara online, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Sahudi, berharap tidak ada orangtua atau siswa yang berupaya memaksakan diri masuk sekolah SBI jika merasa kemampuannya tidak mencukupi.

“Kalau nilainya kurang ya lebih baik tidak usah mendaftar,” tandas Sahudi.

Sebagai persyaratan, calon siswa SBI tamat sekolah pada tahun ajaran 2009/2010. Untuk siswa yang akan mendaftar ke SMP, harus memiliki nilai ujian nasional rata-rata minimal 8,50 atau jumlah nilai UASBN minimal 25,50 dan tidak ada nilai di bawah 7,50. Sedangkan untuk mendaftar ke jenjang SMA, nilai surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) rata-rata minimal 8,50 atau jumlah nilai UN minimal 34,00 dan tidak ada nilai di bawah 7,50.

Setelah mendaftar online, siswa dapat mencetak data yang ada untuk mengikuti tes selanjutnya. Tes lanjutan meliputi Tes Bahasa Inggris (TOEFL) pada 22 Juni untuk SMP dan 23 Juni untuk SMA. Ada juga tes matematika yang diadakan 24 Juni (SMP dan SMA) serta tes IPA pada 24 Juni untuk SMP dan 25 Juni untuk SMA. Jadwal itu bisa berubah menyesuaikan jadwal pengumuman kelulusan.

“Tes bagi calon siswa SBI akan dijadikan salah satu pertimbangan penerimaan siswa,” kata Ruddy.

Pada sistem seleksi siswa SBI, perankingan daftar siswa yang diterima ditetapkan berdasarkan nilai UN dan hasil tes. Sementara pengumuman PSB SBI SMA pada 24 Juni dan pengumuman PSB SBI untuk SMP pada 27 Juni.

“Jika nilai ujian nasionalnya sama, penilaian berikutnya untuk perankingan berdasarkan nilai tes. Jika tetap sama, waktu pendaftaran juga dipertimbangkan,” kata Ruddy. Berdasarkan data Dispendik Surabaya tahun ini, ada dua SMP dan dua SMA yang membuka kelas SBI. Dari sekolah itu masing-masing memiliki pagu berbeda. SMPN 1 menerima 252 siswa baru, SMPN 6 menerima 224 siswa baru dan pagu SMAN 5 serta SMAN 15 masing-masing 252 dan 280.

“Sesuai ketentuan pemerintah tahun ini, kami sebenarnya mengajukan semua kelas untuk kelas SBI. Tapi kami belum mengetahui kepastian dari Dispendik. Karena itu pagu bisa saja berubah,” kata Kepala SMAN 15. rey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: