PTD/BTE

IMGP1915 LogoLPF IMGP1926

Latar Belakang
Pada era global ini, perkembangan teknologi sangat cepat. Kita tidak bisa mengingkari bahwa teknologi bagi kehidupan kita adalah sangat penting, efektif dan efisien, sehingga masyarakat masa kini atau masa depan harus mampu menguasai teknologi (keunggulan kompetitif).

Suka atau tidak suka, siap atau tidak siap, sengaja atau tidak sengaja masyarakat kita akan terkondisi menjadi masyarakat yang bergantung pada produk teknologi. Oleh karena itu bila kita ingin bertahan dan sukses, perlu menyiapkan secara dini masyarakat yang sadar akan teknologi untuk menghadapi era global yang seperti pedang bermata dua.


PTD di SMP
Adalah kumpulan bahan kajian dan pembelajaran dengan focus kajian hubungan teknologi dan masyarakat, produk teknologi dan system, serta perancangan dan pembuatan karya teknologi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari
Kemampuan
Kemampuan yang diasah adalah ketrampilan berfikir bukan ketrampilan kejuruan, walaupun ada ketrampilan dasar teknik, hal itu hanya sebagai alat untuk menambah wawasan teknologi, kemampuan tersebut adalah :

1. Kemampuan berpikir
• Mengenal budaya, pekerjaan, lingkungan dan kebutuhan masyarakat
• Memecahkan masalah teknik
• Menganalisis sistem teknik
• Merancang dan membuat produk teknik
2. Kemampuan teknik
Memahami dan menggunakan peralatan teknik secara aman untuk  menghasilkan produk dan sistem teknik
3. Sikap teknik
• Bekerja sama
• Menghargai pendapat orang lain
• Berani mengambil keputusan
• Kreatif dan inovatif
• Bersikap kritis

ptd

Tujuan PTD

  1. Memahami manfaat teknologi, hubungan teknologi dan ilmu pengetahuan, hubungan teknologi dan masyarakat
  2. Memiliki sifat positif terhadap teknologi
  3. Mampu menggunakan produk teknologi secara benar, aman dan berwawasan lingkungan (memperhatikan kelestarian lingkungan).
  4. Memiliki kemampuan teknologi dasar penggunaan peralatan teknik
  5. Mampu merancang, membuat dan memecahkan masalah teknologi
  6. Memiliki kemampuan dasar : mengambil keputusan, berpikir alternatif, menilai hasil karya, mengenal dan memecahkan masalah

Sistem pengajaran PTD

  1. Menggunakan pendekatan pemecahan masalah melalui PGBU dan analisis system
  2. Bahan pembelajarannya berbentuk modul yang terdiri dari buku guru, buku ajar/teori dan buku kerja siswa
  3. Organisasi kelas (pembelajarannya) secara klasikal dan rotasi dalam kelompok
  4. Penyajian materi adalah teori/praktek dilakukan didalam/di luar ruangan
  5. Diajar oleh guru secara tim ( team teaching )
  6. Bahan praktek diperoleh dari bahan bekas/baru
  7. Menggunakan azas belajar tuntas ( mastery learning ) dan maju berkelanjutan

Hal itu semua untuk mengembangkan : ketrampilan berpikir, ketrampilan dan kejuruan, kemampuan non teknis (kerjasama, tatatertib, kebersihan, pengambilan keputusan, kejujuran, rasa percaya diri, menghargai orang lain, pengendalian diri, sikap positif, dll).

Ruang lingkup materi PTD meliputi teknologi:

  • Produksi
  • Konstruksi
  • Komunikasi
  • Transportasi
  • Energi
  • Bio teknologi

Satu Balasan ke PTD/BTE

  1. Sutjipto santoso mengatakan:

    tlg dibantu mencarikan school rekan luar negeri(school sister) untuk smp negeri 2 bojonegoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: